Recook Ayam Kecap Bekal Makan Siang dengan Modifikasi

Di sini siapa yang suka makan pake lauk Ayam Kecap ayo ngacung? Saya termasuk yang suka makan pake Ayam Kecap. Dulu saat kecil, simbok kadang masak ayam kecap, terus dimakan pake nasi anget sama sambal bawang. Rasanya bisa enaaaaak banget, maunya nambah terus.

Kadang kalau nggak habis dimakan hari itu, sama simbok dipanaskan buat sarapan esok hari. Terus biar nggak kering ditambahin minyak. Itu kalau bercampur ke nasinya, amboooi nikmatnya.

Setelah menikah, resep Ayam Kecap warisan simbok ini yang biasanya saya masak. Pakai kemiri dan bawang diulek. Itu yang bikin gurih. Tapi saat #BukberDuoEbret di rumah Aqied, aku icipin ayam kecap yang beda dari resep simbok.

Oleh Aqied makanan yang menjadi signature dish @bekal.makansiang itu diberi nama Ayam Ketchup. Saya pun penasaran dan tanya resepnya ke dia, terus dibocorin deh. Ternyata Ayam Ketchup versi Aqied ini cara bikinnya gampang banget. Nggak pakai kemiri dan semua bumbunya diulek.

Sebagai sobat mager, tentu saja aku tergoda untuk membuatnya. Akhirnya pada suatu pagi yang biasa-biasa saja, saya pun me-recook Ayam Ketchup versi Aqieda dengan sedikit improvisasi.

Resep Ayam Kecap Ala Bekal Makan Siang dengan Improvisasi

Bahan:
1/2 kg ayam (saya pakai sayap)
1 butir bawang bombai
2 butir bawang putih
2 butih bawang merah
Kecap manis
Saos tiram
Lada bubuk (bisa lada hitam atau lada biasa)
Garam
Mentega untuk menumis

Cara membuat:
* Bersihkan ayam dan cuci hingga benar-benar bersih.
* Cincang bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah.
* Siapkan wajan, panaskan mentega, kemudian tumis semua bawang-bawangan.
* Setelah layu dan mengeluarkan aroma harum, masukkan ayam. Tunggu beberapa saat.
* Tambahkan kecap sesuai selera, aduk-aduk hingga melumuri permukaan ayam.
* Tambahkan air, saos tiram, lada bubuk, dan garam.
* Setelah air menyusut, koreksi rasa. Ayam siap dihidangkan.

Tips:
Berhubung ayam dimasukkan dalam kondisi segar (tidak digoreng atau direbus lebih dulu) maka pastikan memasak dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bertujuan supaya ayam benar-benar matang hingga ke dalam dan bumbu meresap. Jangan gunakan api yang terlalu besar, gunakanlah api sedang.

Estimasi biaya: Rp 20.000 – Rp 25.000
Perkiraan waktu memasak: 20 – 40 menit

Ayam kecap ini termasuk makanan kesukaan anak saya juga. Dia kalau kumasakin ini jadi lahap makan. Perpaduan rasa manis dan umami bercampur menjadi satu. Kalau buat saya biar makin mantap ditambah sambal bawang dan kerupuk. Udah cukup lah buat lauk hari itu. Terus sesudahnya minum es kuwut timun selasih. Enaaaak.

Kalau teman-teman sendiri punya resep Ayam Kecap favorit nggak? Bagi-bagi dong, siapa tau nanti aku bisa recook juga.

Jogja, medio Juni 2020

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *