Resep Pindang Suwir ala Nyoya Sasha

Sepiring pindang suwir alias sambal tuna yang nikmat
Pindang Suwir yang yummy

Dari kecil saya suka sekali makan ikan keranjang. Kalau di tempat saya Wonosobo sana, ikan keranjang ini dikenal dengan nama pindang. Tapi, setelah saya pindah Jogja, saya jadi tahu bahwa di sini disebutnya gereh atau cuwe’ (dan selanjutnya saya akan tetap menyebutnya pindang).

Ikan pindang ini terbuat ikan segar yang dikukus dengan garam. Eh dikukus apa direbus ya? Kalau teman-teman pengen lihat cara pembuatan ikan pindang ini mungkin bisa meluncur ke postingan kawan saya Rifqy di blog papanpelangi yang menulis soal Pindang Bawean.

Karena sudah diproses sebelumnya, ikan pindang bisa awet dan tahan lama. Biasanya kalau ibu saya dulu cara mengolahnya cukup dengan digoreng atau ditumis pake tomat. Kadang juga dibalurin sambal ala balado. Rasanya jelas endeus dong.

Sejak menikah, ikan pindang masuk dalam salah satu lauk favorit saya. Biasanya dijadikan lauk pecel apa bobor. Tapi makan ikan pindang goreng terus kok ya lama-lama bosan. Akhirnya saya kepikiran buat bikin pindang suwir.

Berhubung saya orangnya nggak suka ribet, males banget kalau kudu ngulek bumbu. Saya pun bikin pindang suwirnya pake bumbu iris saja yang praktis. Ditambahin bumbu nasi goreng pol pedas kobe rasanya sudah endeus. Bahkan, makan lauk pindang suwir saja udah enak banget dan pengen nambah terus.

Dan kali ini, saya pengen berbagi resep pindang suwir ala saya untuk kawan-kawan semua. Siapa tahu ada yang pengen masak kek gini juga kan.

Resep Pindang Suwir

Bumbu dan bahan:
2 keranjang ikan pindang
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
Cabe rawit sesuai selera
1 sdm bumbu nasi goreng kobe pol pedas

Cara membuat:
* Bersihkan ikan pindang, buang kepala dan duri-durinya, suwir-suwir.
* Iris tipis semua bumbu
* Siapkan minyak, tumis bumbu sampai harum
* Masukan pindang yang sudah disuwir dan aduk-aduk terus sampai bumbu tercampur
* Tambahkan 1 sdm bumbu nasi goreng kobe pol pedas
* Koreksi rasa, angkat dan sajikan

Note:
* Jika pindang yang Anda beli rasanya sudah asin, Anda tidak perlu memberi garam tambahan. Namun, jika pindangnya tawar, berikan sedikit garam.
* Jika Anda suka dengan daun kemangi, Anda bisa tambahkan kemangi dan masukkan bersama dengan bumbu.

Perkiraan biaya: Rp 10.000 – Rp 15.000
Perkiraan waktu memasak: 15 – 30 menit

Kaki Merapi, awal Juni 2020

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *