Tahu Goreng Crispy Tepung Sajiku, Camilan Kriuk yang Gampang Dibikin

Tahu goreng crispy tepung sajiku dan es kuwut timun

Adakalanya saya merasa kaya raya. Masa di mana kalau pengen jajan langsung beli-beli aja tanpa pikir panjang dan takut duit abis. Biasanya ini terjadi di masa-masa habis gajian.

Namun, terkadang ada masa kere. Di mana duit di kantong menipis tapi pengen ngemil. Kalau sudah begini nguprek dapur tentu saja menjadi solusi. Lihat ada bahan apa yang bisa diolah untuk dijadikan camilan.

Salah satu camilan yang sering saya bikin di masa kere adalah tahu goreng crispy. Daripada beli di abang-abang tahu goreng dadakan mending bikin sendiri.

Cukup modal niat, tekat, tahu dan tepung bumbu sajiku (garam, bawang putih, dan minyak masih punya stok), gak sampai 10rebu, sudah bisa dibuat tahu goreng sepiring. Bisa buat camilan, bisa juga buat lauk.

Anak saya yang masih 5 tahun suka banget ngemil tahu ini. Saat emaknya lagi goreng, dia selalu nungguin. Kalau udah ada yang mateng terus diambil dan dibawa ke luar. Nanti gorengan kedua mateng, gorengan pertamanya udah abis dicemil.

Kalau kawan-kawan pengen bikin camilan murmer ala ibu sasha, mungkin kawan-kawan bisa membuat tahu goreng crispy tepung sajiku ini. Berikut resepnya!

Resep Tahu Goreng Crispy Tepung Sajiku

Bahan:
5/6 kotak tahu putih/kuning (pilih tahu yang kenyal dan tidak mudah hancur)
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Tepung bumbu sajiku
Tepung maizena (opsional)

Cara membuat:
1. Potong-potong tahu membentuk dadu, ukuran terserah sesuai selera.
2. Uleg bawang putih dengan garam, beri sedikit air, kemudian tuangkan pada potongan tahu dan diaduk hingga mencampur.
3. Tunggu beberapa lama supaya bumbu meresap.
4. Selanjutnya campung tepung bumbu sajiku dan maizena.
5. Guling-guling tahu dalam tepung atau sebaliknya, tuangkan tepung ke dalam tahu dan diremas-remas.
6. Goreng hingga coklat keemasan.
7. Sajikan dengan saus, sambal kecap, sambal kacang, atau sambal matah, bebaaas. Atur aja sesuka hati. Mau dimakan tahu aja sudah enak kok.

Estimasi biaya: Rp 5.000 – Rp 10.000
Estimasi waktu: 10 – 20 menit

Sebenarnya kalau bawangnya mau ditambahin juga nggak apa-apa. Bawang kan juga bagus untuk tubuh, toh? Untuk video lengkapnya bisa kawan-kawan lihat di tautan berikut!

Sore-sore ngemil tahu goreng crispy tepung sajiku sambil minum es kuwut timut atau nutrisari lime squash pasti menyenangkan. Wanna try?

Tabik,
Jogja, Mei 2020

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *