Telur Gulung Jepang (Tamagoyaki), Lauk Praktis untuk Buah Hati

Anak saya susah banget makan sayur. Dia sukanya makan pakai gorengan. Selain tempe garit dan lele, menu favoritnya adalah telur. Telur dadar, telur ceplok, sate telur, semua dia makan dengan lahap. Guna menyiasati supaya dia tetap mengkonsumsi sayur, akhirnya saya sering bikin telur gulung Jepang alias tamagoyaki.

Sebenarnya selain dikenal dengan nama telur gulung Jepang, makanan ini juga dikenal di Korea dengan nama gyeran mari. Mungkin karena mereka negara satu rumpun ya, jadi masakannya nggak beda jauh lah. Sebenarnya telur gulung ini adalah telur dadar yang diguling-guling. Yang bikin menarik karena dia dicampur dengan sayuran.

Untuk anak-anak yang susah makan sayur kaya anak saya, menu telur gulung Jepang cukup membantu. Kita tinggal potong sayuran kecil-kecil, kemudian campur ke telur. Berhubung sudah masuk dalam telur, si bocah jadi nggak ngeh kalau ada sayurnya, dia pun akan makan dengan lahap.

Telur gulung Jepang mudah sekali dibikin. Selain telur, kita hanya perlu sayuran. Pada umumnya sih memakai wortel dan daun bawang. Namun, hal ini tidak mutlak. Anda bisa menyesuaikan sayurannya dengan stock yang ada di rumah. Saya sendiri seringnya membuat telur gulung jepang memakai wortel, buncis, dan sosis. Jika ada jamur kadang juga saya tambahkan.

Nah, jika ada kawan-kawan yang penasaran dengan cara membuat telur gulung jepang ini berikut saya bagikan resepnya. Berhubung kemarin saya tidak memiliki stock jamur dan sosis, jadi saya hanya memakai wortel dan buncis.

Resep Telur Gulung Jepang (Tamagoyaki)

Bahan:
3 butir telur
1 buah wortel
Buncis secukupnya
Lada secukupnya
Garam secukupnya
Bawang merah secukupnya
Bawang putih secukupnya

Cara membuat
1. Potong wortel berbentuk dadu kecil
2. Potong buncis kecil-kecil
3. Iris bawang merah dan bawang putih
4. Masukkan telur ke dalam wadah
5. Campurkan semua irisan bumbu dan sayuran, tambahkan garam dan lada, kemudian dikocok.
6. Panaskan minyak goreng di dalam teflon (sedikit saja tidak usah terlalu banyak)
7. Tuangkan separuh kocokan telur, ratakan hingga menutupi seluruh permukaan teflon.
8. Saat terlur mulai matang, gulung dari ujungnya hingga separuh. Kemudian masukkan kocokan telur hingga habis.
9. Gulung-gulung telur kemudian tunggu hingga matang.

Estimasi waktu yang diperlukan untuk memasak: 5 – 10 menit
Estimasi biaya: Rp 5.000 – Rp 10.000

Mungkin penjelasan cara memasak saya ini agak belibet atau kurang jelas. Anda bisa menyaksikan tayangan lengkapnya di video ini.

Jika telur sudah matah, Anda bisa memindahkannya ke wadah kemudian dipotong-potong sesuai selera. Telur ini enak dimakan bersama nasi hangat dan kecap manis atau saus. Untuk menu sarapan cocok banget. Meski praktis dan mudah dibuat, menu ini sudah mengandung gizi lengkap.

Selain buat lauk, telur gulung jepang juga nikmat dijadikan penganan sembari teman menonton TV atau baca buku. Eits, tapi pastikan sudah tidak ada noda minyak saat Anda hendak membalik halaman buku ya, hehe.

Selamat mencoba di rumah ya, teman-teman.

Salam,
Jogja, Mei 2020

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *