Pengalaman Masak Sapi Lada Hitam Pakai Bumbu Instan Saori, Rasanya Boljug nih

sapi lada hitam bumbu instan saori

Dulu banget, saya suka nongkring di Roemi Kotabaru buat jajan es krim. Kadang, kalau lagi lapar dan punya duit suka pesan sapi lada hitam. Saat itu sih ngerasanya enak banget. Maklum, anak kos yang menghidupi dirinya sendiri jarang makan enak. Sekalinya makan daging jadi kesenengen.

Sekitar 10 tahun lalu, kalau nggak salah harganya di kisaran 20-25 ribu. Lumayan mahal dibandingkan dengan gaji saya di masa itu. Itu sebabnya makan sapi lada hitam di Roemi hanya bisa dilakukan di momen-momen tertentu saja. Bertahun-tahun berlalu, saya masih suka mengingat sensasi makan di sana.

Kemarin, tiba-tiba saya iseng pengen masak sapi lada hitam. Selama ini saya tuh nyaris nggak pernah masak daging sapi. Bingung mengolahnya, takut alot. Tapi karena kemarin pengen akhirnya memutuskan untuk coba beli daging sapi. Kali ini saya belinya di Oricow, jadi toko yang khusus menjual daging sapi dan turunannya.

Oricow ini ada di sebelah Pasar Condongcatur Ringroad Utara. Tempatnya higienis banget. Bersih, rapi. Wajar saja, katanya yang punya dulu anak peternakan UGM, lulus kuliah dia bikin usaha penjagalan dan toko daging. Daging segarnya sudah dikemas sesuai dengan bagian masing-masing. Kapan-kapan saya review deh si Oricow ini.

Dari Oricow saya pun lanjut beli paprika dan saus lada hitam Saori. Yep, bener banget, saya mau masak lada hitamnya pake bumbu instan saori. Selama ini saya biasa masak lada hitam pake daging ayam, rasanya oke, cocok di lidah saya. Makanya saya yakin Sapi Lada Hitam kali ini pun bakalan oke. Dan ternyata benar dong, saat sudah dimasak hasilnya tidak mengecewakan hehe. Berikut saya bagi resepnya.

Resep Sapi Lada Hitam Saori

Bahan:
250 gr daging sapi
2 bungkus Saori Saus Lada Hitam
1/2 bawang bombay
1 paprika merah (bisa hijau, bisa keduanya)
1 sdm tepung mazisena
Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuat Sapi Lada Hitam:

1. Potong bawang bombay memanjang dan paprika bentuk dadu.
2. Potong tipis daging berlawanan dengan serat.
3. Setelah daging selesai dipotong, lumuri dengan tepung maizena.
4. Siapkan wajan atau teflon, tuangkan sedikit minyak untuk menumis.
5. Masukkan daging, masak hingga berubah warna, kemudian angkat.
6. Panaskan minyak lagi dalam wajan, setelah panas masukkan bawang bombay dan paprika.
7. Jika sudah keluar aroma harum, masukkan daging, kemudian tambahkan saus lada hitam.
8. Masak daging hingga empuk. Selamat mencoba, y

Estimasi waktu memasak: 15 – 25 menit
Estimasi biaya: Rp 40.000 – 50.000

Setelah matang, ternyata Sapi Lada Hitamnya cukup banyak juga. Bisa buat lauk ber-4 dan kenyang. Rasanya juga oke banget. Ini beneran lifehack buat mak-emak macam saya yang nggak pinter-pinter amat dalam urusan masak memasak haha. Saya suka banget sama rasa Saori Saus Lada Hitamnya. Bahkan, saya tak perlu memberi tambahan bumbu. Rasanya pas.

Kalau ada anak kos yang pengen makan enak dan murah, mungkin mencoba memasak Sapi Lada Hitam Saori bisa dijadikan pilihan. Oya, selain menggunakan maizena, kawan-kawan yang tidak memiliki panci presto bisa mengempukkan daging sapinya menggunakan nanas.

Baca: Tips Mengempukkan Daging Sapi Tanpa Presto

Demikian pengalaman ibu sasha memasak menggunakan bumbu instan saori. Ternyata rasanya tidak terlalu mengecewakan. Kalau kawan-kawan sendiri pernah atau suka masak memakai bumbu instan nggak? Bagi ceritanya di kolom komen dongs. Arigato.

Jogja, awal Agustus 2020

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *