Tips Mengempukkan Daging Sapi Tanpa Presto

Tips mengempukkan daging sapi menggunakan nanas

Idul Adha sebentar lagi. Biasanya di masa-masa ini stock daging akan melimpah sehingga hari-hari dihabiskan dengan memasak daging.

Saat memasak daging, jika tidak pandai-pandai rasanya justru tidak enak. Daging dengan kualitas bagus yang harusnya terasa juicy dan empuk di mulut justru menjadi alot.

Sungguh menyebalkan sekali jika sudah capek-capek masak ternyata dagingnya keras dan tidak empuk. Kita pun harus berusaha keras saat hendak mengkonsumsinya.

Guna mendapatkan daging yang empuk, sebelum diolah biasanya daging dipresto lebih dahulu. Nah, bagi Anda yang tidak memiliki presto, Anda tetap bisa mendapatkan daging yang empuk kok. Tentu saja ada tips-nya.

Salah satu tips mengempukkan daging adalah menggunakan buah nanas. Iya, buah kuning yang ada matanya, yang jadi rumah sponge bob itu. Sejak dulu nanas menjadi buah yang ampuh untuk mengempukkan daging.

Hal ini dikarenakan nanas mengandung mengandung enzim bromelain. Enzim ini mampu menghidrolisis ikatan peptida dan polipeptida menjadi asam amino pad aproten (hadeeeeh, apaan pula ini ahahaha).

Intinya, enzim bromelain yang ada pada nanas mampu mmebuat tekstur daging menjadi empuk dan lunak. Bahkan, jika penggunaannya terlalu banyak mampu membuat daging menjadi hancur saat dimasak.

Jadi, bagaimana cara mengempukkan daging menggunakan nanas?

Pertama, potong-potong daging sesuai dengan selera atau jenis masakan yang hendak dibuat. Jika ingin memasak saus lada hitam, Anda bisa memotong dagingnya menjadi irisan tipis. Jika ingin memasak sate goreng atau rawon, Anda bisa memotong dadu kecil.

Kemudian, siapkan nanas yang sudah dibersihkan. Parut nanas menggunakan parutan kelapa atau parutan keju. Jika nanasnya dalam jumlah banya, Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya.

Setelah itu, campur nanas yang sudah diparut dengan daging yang sudah disiapkan. Diamkan sekitar 5-10 menit sebelum daging dimasak. Apakah daging yang hendak dimasak perlu dicuci lebih dulu? Saya sendiri tidak pernah mencuci dagingnya. Cairan nanas masih tetap ada pada daging yang hendak saya gunakan untuk masak.

Untuk memasak 250 gr daging, saya hanya memakai sekitar 1-2 sdm nanas untuk campuran. Jika Anda memasak daging dalma jumlah yang banyak, sebaiknya sesuaikan jumlah nanasnya.

Berikut ini video tips mengempukkan daging menggunakan nanas yang sudah saya unggah di channel youtube saya. Semoga video ini bisa membantu, ya!

Kaki Merapi, Juli 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *